KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN

 PERTEMUAN -5  

 (Komputer dan Pemerintahan)

pada tanggal Juni 30, 2024


 URAIAN MATERI

1. E-government


Pesatnya perkembangan teknologi internet sangat berpengaruh

terhadap pola hidup masyarakat. Hadirnya teknologi internet semakin

memudahkan masyarakat dalam berbagai macam aktifitas.

Bidang pemerintahan dalam hal ini pemerintah sudah menggunakan

teknologi untuk mempermudah masyarakat mengenal dan terutama

pemanfaatan teknologi dibuat guna melayani masyarakat secara luas. Dengan

menggunakan teknologi sebagai alat pengolahan data, pemerintah dapat

mengolah data seperti data penduduk, kesehatan, tenaga kerja, dan

sebagainya. Pemerintah menggunakan komputer untuk menangani masalah

administrasi.

Berbagai usaha dilakukan pemerintah untuk memperbaiki sistem

pelayanan diberbagai sektor. Pemerintah tidak ingin ketinggalan untuk

memanfaatkan perkembangan komputer cukup signifikan. Pemanfaatan media

komputer pada pemerintahan sangatlah mempengaruhi kinerja dalam

pengolahan data-data.

E-government merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah untuk

melayani masyarakat secara online. Aplikasi ini memungkinkan pelayanan

publik terjadi begitu intens karena bersifat online. Penyederhanaan birokrasi

terjadi karena untuk menyampaikan ide, keluhan masyarakat tidak harus

mengantri. Terjadinya komunikasi yang dilakukan pada warga dengan

pemerintah ataupun sebaliknya, adanya peningkatan efisiensi pada suatu

organisasi, tentunya dapat menghemat pembayaran pajak. Layanan public

online merupakan salah satu hasil dari penerapan e-government. Masyarakat


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 52

dengan mudahnya melaporkan suatu keluhan ataupun keresahan yang terjadi

pada lingkungan.

Sejak tahun 1995 e-government sudah mulai diterapkan contohnya Bina

Graha Net yang berada di Istana Negara, lalu muncullah website instalasi

kepemerintahan. Inpres Nomor 3 Tahun 2003 adalah awal dari peningkatan

perkembangan e-government. E-government meningkat secara signifikan tidak

hanya pada pemerintahan pusat namun pemerintahan daerah saat ini sudah

mulai menggunakannya.

a. Definisi E-government


E-government dapat didefinisikan sebagai pelayanan pemerintahan

yang menggunaan teknologi digital dengan tujuan untuk meningkatkan

efektifitas dan efisiensi dalam penyampaian layanan.

b. Manfaat E-government

1) Memberikan kualitas dalam bentuk pelayan kepada masyarakat.

2) Sebagai sarana keterbukaan ditubuh pemerintah sehingga bisa

dijadikan sebagai faktor pengontrol kinerja pemerintah dimana akhirnya

pemerintah tersebut dapat bekerja tanpa penyelewengan penggunaan

fungsinya.

3) Menghemat biaya administrasi.

4) Pemerintahan dapat menjawab serta mencari solusi untuk berbagai

permasalahan yang dihadapi.

c. Maksud serta tujuan dari peningkatan E-government


Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada

masyarakat luas terkait proses administrasi Negara atau keperluan lain-lain.

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut terdapat

beberapa tujuan yang akan tercapai :

1) Kebutuhan masyarakat akan informasi terpenuhi karena adanya

penjaringan informasi kepada layanan publik yang berkualitas.

2) Peningkatan perekonomian tentunya harus adanya hubungan interaktif

kepada seluruh pedagang ataupun di dalam dunia bisnis.

3) Terdapat fasilitas yang mendukung untuk terjadinya dialog terbuka

antara pemerintah dengan masyarakat.


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 53


4) Transaksi serta layanan antara lembaga pemerintahan yang

transparansi.


2. Pemicu Utama E-government


Negara Indonesia terhitung terlambat dalam menerapkan dan

mengembangkan bentuk pelayanan e-government ini dibandingkan dengan

negara maju. Beberapa faktor penyebabnya antara lain :

a. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

b. Sistem administrasi sedang dalam proses pengembangan.

Perkembangan aplikasi di negara maju sangat cepat. Cepatnya

perkembangan aplikasi komputer tersebut sudah mulai menimbulkan masalah

untuk negara-negara tersebut sehingga hal tersebut merupaka hal serius

sehingga diperlukan perhatian khusus untuk menangani hal tersebut. Berbeda

dengan Indonesia yang perkembangannya cukup pelan dan belum

menimbulkan masalah yang butuh penanganan khusus.

Pemicu utama perkembangan e-government menurut sejarahnya ada

tiga konsep, yaitu :

a. Era globalisasi yang berkembang dengan pesat banyaknya isu-isu yang

muncul pada masyarakat diantaranya seperti perdagangan bebas bea

cukai, hak asasi manusia, pasar terbuka dan masih banyak lagi lainnya dan

itu merupakan hal yang harus sangat diperhatikan pemerintah pusat dimana

pemerintah pusat harus benar-benar mengontrol setiap isu yang ada.

Pemerintah Tentunya harus mengambil reposisi dalam sebuah negara, dari

mulai yang internal dikepemerintahan maupun pada masyarakat dimana

pemerintah harus benar-benar memperhatikan semua aspek pada

masyarakat.

b. Akibat kemajuan pada teknologi tentunya sangat dengan mudah data dan

informasi dapat diakses masyarakat di seluruh belahan dunia, hanya butuh

beberapa detik untuk mengakses sebuat data atau informasi yang ada.

Peranan pemerintah untuk mengatur bagaimana menyikapi dalam melayani

masyarakat, dikarenakan secara tidak langsung masyarakat yang

mengambil alih.

c. Peningkatan pada kualiats pola pikir atau kegiatan masyarakat dimana

dunia industri memerlukan tenaga yang lebih mengerti teknologi terbaru dari


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 54


mesinnya. Pada kinerja di sektor swasta percepatan kemajuan terbilang

lebih lambat, sehingga masyarakat tahu adanya sebuah ketidak sejajaran

pada sistem palayanan. Secara tidak langsung masyarakat menghimbau

kepada pemerintah bagaimana caranya agar dapat meningkatkan

kinerjanya.

Ketiga aspek tersebut merupakan tekanan yang dilakukan oleh

masyarakat pada pemerintah agar dapat memperbaiki kinerjanya yang lebih

signifikan, dengan adanya teknologi.

3. Strategi Pengembangan E-government


Strategi pada e-government dikerjakan dalam 6 strategi, diantaranya :

a. Sistem pelayanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dan dapat

dipercaya.

b. Pengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi, harus

mengikut sertakan dunia usaha.

c. Sistem manajemen pada proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah

otonom secara holistik.

d. Dalam pengembangan industri telekomunikasi dan informasi, dunia usaha

harus memanfaatkan teknologi.

e. Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan-tahapan

yang realistis dan terukur.

f. Pengembangan kapasitas SDM ditubuh pemerintah pusat dan daerah yang

disertai dengan meningkatnya e-literacy masyarakat.

Beberapa contoh aplikasi yang menunjang administrasi pemerintah dan

sukses memberikan pelayanan maupun informasi yang berguna bagi

masyarakat, antara lain :

a. mCity


Aplikasi mCity adalah sebuah aplikasi mengenai informasi suatu

kota yang bisa diakses melalui smartphone. Wisatawan dapat mencari tahu

tentang kota tujuan dengan bantuan aplikasi mCity. Singkatnya, aplikasi ini

dapat diartikan sebagai penunjuk jalan serta pemberi informasi mengenai

suatu kota. Informasi lengkap mengenai kota tersebut seperti info tentang

kuliner, tempat wisata, hingga penginapan.


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 55


Gambar 5.1 Aplikasi mCity


b. Qlue


Aplikasi yang digunakan oleh pemerintah di DKI Jakarta yang

diluncurkan pada desember 2014. Aplikasi ini memudahkan masyarakat

untuk menginformasikan kerusakan fasilitas, keluhan dan sebagainya.

Selain itu masyarakat dapat mengupload foto jika ada masalah yang terjadi

di suatu lingkungan masyarakat tersebut berada.


Gambar 5.2 Aplikasi Qlue


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 56

c. Lapor!


Aplikasi Lapor! merupakan sarana untuk menyampaikan aspirasi

serta pengaduan dari masyarakat yang berbasis media sosial. Proses

penanganan keluhan pada aplikasi ini dapat dipantau dan diawasi oleh

publik. Selain untuk menyampaikan laporan, aplikasi ini juga terdapat fitur

dialog virtual antara pemerintah dan masyarakat.


Gambar 5.3 Aplikasi Lapor!


d. Info BMKG


Aplikasi ini dibuat dan digunakan oleh BMKG (Badan Meteorologi,

Klimatologi, dan Geofisika). Pada aplikasi ini kita bisa melihat perkiraan

cuaca, analisis iklim, dan informasi terjadinya gempa di seluruh kabupaten

dan kota di Indonesia. Aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi jika

gempa yang terjadi berpotensi tsunami. Aplikasi inipun memuat press

release jika ada himbauan ataupun pernyataan resmi dari pihak BMKG.


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 57


Gambar 5.4 Aplikasi BMKG


e. BPOM Mobile


Aplikasi ini dibuat dan digunakan oleh BPOM (Badan Pengawas

Obat dan Makanan). Dalam keterangannya di Playstore, pada aplikasi ini

masyarakat bisa mengecek suatu produk menggunakan Kode QPR

ataupun Kode Batang. Dalam aplikasi ini masyarakat bisa juga

menyampaikan aduan terhadap suatu produk kepada BPOM.


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 58


Gambar 5.5 Aplikasi BPOM


4. Tugas Humas Pemerintah


Transparansi dalam memberikan informasi kepada masyarakat

merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap

sebuah lembaga. Transparansi dalam menjalankan fungsi sebuah lembaga

serta transparan dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangat

penting karena masyarakat berhak untuk mengetahui suatu kebenaran.

Sebagai jembatan informasi antara suatu lembaga dengan masyarakat maupun

antara lembaga, posisi humas suatu lebaga di pemerintahan sangatlah penting.

Beberapa tugas penting humas suatu lembaga menurut yang dikutip oleh

Amalia (2012):

a. Menurut Ardianto, E. (2011:239) menjelaskan bahwa kebijakan publik dan

pelayanan publik merupakan kegiatan utama pemerintah. Untuk

memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, pemerintah harus memiliki

birokrasi yang sederhana.

b. Menurut Cutlip.C dan Broom (2007:468) praktisi humas pemerintah

memiliki tugas utama yakni memberikan informasi. Harus diingatkan juga

bahwa dalam sistem politik harus mampu memberi jarak (membatasi) peran

khusus.


Universitas Pamulang Teknik Informatika


Komputer dan Masyarakat 59


Joice J Gordon mengartikan humas seharusnya berperan khusus yang

berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan hubungan yang baik antara

pemerintah dengan masyarakat. Berikut tugas humas yang dijelaskan Gordon:

a. Memberikan informasi yang jelas dan benar kepada konstituen tentang

agenda kepemerintahan.

b. Memastikan bahwa adanya suatu kerjasama yang aktif di dalam sebuah

program kepemerintahan dan adanya kewajiban untuk mematuhi kebijakan.

c. Memajukan dan mendorong masyarakat agar dapat mendukung kebijakan

serta program pemerintah.

d. Dapat menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

5. Isu sosial dan masalah


Berikut ini adalah beberapa isu sosial dan masalah yang muncul dari

penerapan sistem eGovernment.

a. Semakin bebasnya dalam hal akses situs pemerintah, dapat menimbulkan

cyber crime sehingga dapat merusak sistem komputer pada e-government.

b. Semakin berkurangnya komunikasi atau interaksi sosial antara admin

pemerintah dengan masyarakat.

c. Kurangnya pengetahuan atara masyarakat satu dengan yang lainnya dalam

penggunaan e-government, karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan

kepada masyarakat luas.

d. Kurangnya pelayanan yang diberika, karena sistem manajemen atau proses

kerja dalam hal kesiapan prosedur dan peraturan masih membatasi SDM.

e. Belum kuatnya strategi mengenai anggaran yang digunakan untuk

pengembangan situs e-government.

f. Sejumlah faktor seperti keamanan informasi, otentikasi, dan standarisasi

antar situs secara andal, aman, dan terpercaya kurang mendapat perhatian.

g. Kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet masih terdapat

kesenjangan. Meskipun telah lama diatur dalam undang-undang untuk

segera diterapkan di seluruh sendi pemerintahan, namun tidak semua

daerah menerapkan sistem e-government.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Komputer)

(Etika pengunaan Komputer)

Komputer masyarakat